Arduino Board Board, Modul dan Shield

Anatomi Papan Arduino

Kompilasi oleh : Reza Ervani

Papan Arduino/Genuino mengenali lingkungannya dengan menerima input dari banyak sensor, untuk kemudian memberikan pengaruh pada sekelilingnya lewat pengendalian cahaya, motor atau aktuator lainnya.

Papan Arduino/Genuino adalah platform pengembangan microcontroller yang akan menjadi jantung untuk proyek-proyek yang kita buat.

Ketika membuat sebuah proyek kita akan membangun sirkuit dan antarmuka untuk interaksi, serta memberitahukan kepada microcontroller bagaimana cara berinteraksi dengan komponen-komponen yang lain.

Berikut ini adalah anatomi Arduino/Genuino Uno

  1. Digital pins Gunakan pin ini dengan fungsi : digitalRead(), digitalWrite(), dan analogWrite(). Fungsi analogWrite() bekerja hanya pada pin dengan simbol PWM2. 
  2. Pin 13 LED Adalah satu-satunya aktuator yang dibuat built-in pada board kita. Disamping mempermudah pengenalan sketsa dengan memberi kedipan pertama, LED ini juga sangat berguna pada proses debugging.
  3. Power LED mengindikasikan bahwa board yang kita miliki menerima power. Bermanfaat juga pada proses debugging.
  4. ATmega microcontroller Jantung board Arduino/Genuino kita
  5. Analog in Gunakan pin ini dengan fungsi analogRead().
  6. GND and 5V pins Gunakan pin ini untuk menyediakan power +5V dan ground ke sirkuit kita
  7. Power connector Ini digunakan untuk memberikan power ke board jika tidak dihubungkan ke USB. Dapat menerima tegangan antara 7 – 12 V.
  8. TX and RX LEDs Kedua LED ini mengindikasikan komunikasi antara Genuino/Arduino dengan komputer kita. Akan berkedip berulang-ulang saat kita mengupload sketsa ke dalam board kita, atau saat melakukan komunikasi serial. Berguna untuk proses debugging.
  9. USB port Digunakan untuk memberikan power pada Genuino/Arduino Uno, mengupload sketsa ke board kita dan untuk berkomunikasi dengan sketsa Genuino (lewat fungsi Serial println() dll).
  10. Reset button Untuk mereset microcontroller ATmega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *